Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Sabtu, 10 Juli 2010

Piala Dunia dari Masa ke Masa ( Bagian 2 )


00.02 | , , ,

Piala Dunia 1970 ( Meksiko )



Data & Fakta

Ini menjadi Piala Dunia pertama yang digelar di luar Eropa dan Amerika Selatan. Di Meksiko inilah puncak sinar terang seorang Pele. Ia berhasil mengantarkan Brasil tampil sebagai kampiun setelah di final berhasil menaklukkan Italia dengan skor telak 4-1.

Setelah gol Pele sempat disamakan Roberto Boninsegna, Brasil akhirnya kembali menyarangkan tiga gol ke gawang Italia di babak kedua lewat gol Gerson, Jairzinho dan Carlos Alberto. Kemenangan Brasil ini juga menempatkan Mario Zagallo sebagai orang pertama yang berhasil memenangkan Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih.

Sedangkan buat Pele, gelar ini menjadi gelar ketiganya bersama timnas Brasil. Pada turnamen kali ini, empat negara kuat yakni Argentina, Prancis, Portugal, Spanyol absen. Total 95 goal tercipta di Meksiko dengan Brasil tetap menjadi yang paling produktif dengan 19 gol. Namun predikat striker paling subur justru dimiliki striker Jerman Greg Muller dengan koleksi 10 gol.

Uniknya, Piala Dunia yang sempat mendapat kritikan dari negara peserta khususnya dari Eropa terkait ketinggian dataran di Meksiko ini, ternyata menjadi kali pertama Piala Dunia disiarkan di televisi berwarna. Juara bertahan Inggris yang saat itu masih diperkuat Bobby Chalton dan Martin Peters dihentikan Jerman Barat di babak perempatfinal dengan skor 3-2. Ini juga menjadi partai balas dendam Franz Beckenbauer setelah dikalahkan Inggris di final empat tahun sebelumnya.

Namun langkah Der Panzer akhirnya dihentikan Italia dengan skor 4-3. Azzurri akhirnya bersua Brasil setelah sebelumnya Selecao juga sukses menaklukkan Uruguay dengan skor 3-1. Trofi Jules Rimet akhirnya diberikan secara permanen kepada Brasil yang telah tiga kali juara. Pada Piala Dunia Meksiko ini, kartu merah dan kartu kuning mulai diperkenalkan. Tak hanya itu penghargaan fair play dan pergantian pemain maksimal dua kali mulai diperkenalkan juga.

Kontroversi

Sebelum laga Inggris kontra Brasil di fase grup, ratusan sporter Brasil berkumpul di luar hotel tempat tim Inggris menginap. Mereka bernyanyi dan berteriak guna mengganggu istirahat pemain The Three Lions. Itu terbilang efektif setelah Inggris kalah 1-0. Namun Inggris tetap berhak menemani Brasil di fase selanjutnya.

Piala Dunia 1966 ( Inggris )

Data & Fakta
Piala Dunia ke-8 ini digelar di Inggris dari tanggal 11-30 Juli dan Inggris keluar sebagai juara. Sebelumnya tidak ada yang menjagokan Inggris tampil sebagai juara. Saat itu, Brasil yang punya banyak bintang dan Portugal yang punya pemain sekaliber Eusebio lebih dijagokan bersama Jerman dan Rusia.

Namun Inggris akhirnya mampu keluar sebagai juara setelah di final menaklukkan Jerman Barat yang saat itu diperkuat Franz Beckenbauer dengan skor 4-2. Inggris melaju ke final setelah menaklukkan Portugal 2-1. Sedangkan Jerman mengalahkan Rusia dengna skor yang sama.

Bintang kemenangan The Three Lions saat itu yakni Geoff Hurst yang berhasil mencetak hattrick di menit 18', 101' dan 120'. Satu gol Inggris lainnya di Stadion Wembley disumbangkan Martin Peters di menit ke-78. Sedangkan dua gol Jerman dicetak Hemut Haller di menit ke-12 dan Wolfgang Weber (89').

Eusebio memang gagal mengantarkan Portugal menjadi juara. Namun legenda sepakbola Portugal ini tetap tercatat sebagai peraih Golden Boot dengan koleksi 9 golnya. Portugal juga tetap menjadi tim paling produktif dengan mencetak 17 gol dari total 89 gol di turnamen itu.

Format turnamen di Piala Dunia Inggris ini juga menggunakan format yang sama seperti di Piala Dunia di Chile yakni membagi 16 tim dalam empat grup dimana dua negara teratas di setiap grup berhak melaju ke fase knock out atau perempat final.

Inovasi di Piala Dunia kali ini yakni mulai dikenalkannya tes doping untuk kali pertama. Tak hanya itu, FIFA juga melarang pemain-pemain naturalisasi bermain. Selain itu, hasil drawing untuk kali pertama juga disiarkan langsung lewat televisi.

Trofi Jules Rimet yang saat itu dipamerkan menjelang piala dunia 1966, sempat hilang dicuri. Beruntung, seekor anjing pelacak bernama Pickles menemukan piala itu teronggok di sebuah tong sampah. Dan untuk alasan keamanan, FA membuat replika yang pada 1997 dilelang seharga 245,500 pounds.

Kontroversi

Sebanyak 16 negara Afrika memboikot turnameni ini sebagai bentuk protes terhadap keputusan FIFA yang mengharuskan juara di zona Afrika harus melakoni laga play-off melawan juara zona Asia atau Oceania.

Partai final antara Inggris dan Jerman Barat memang menyuguhkan perdebatan hingga saat ini. Pada saat itu pertandingan harus dilewati dengan perpanjangan waktu setelah 90 menit kedua tim bermain imbang 2-2. Dan kontroversi itu terjadi saat Inggris mencetak gol ketiga di menit 101 lewat tendanganHurst. Bola yang sempat mengenai mistar itu disyahkan menjadi gol saat kubu Jerman menilai bola belum melewati batas garis gawang. Gol itu seketika meruntuhkan moral Jerman Barat yang akhirnya harus kalah 4-2.

Piala Dunia 1962 ( Chile )



Data & Fakta

Brasil berhasil mempertahankan gelar Piala Dunia setelah menjadi kampiun di Piala Dunia Swedia. Pada turnamen yang digelar dari 30 Mei hingga 17 Juni itu, Brasil berhasil menaklukkan Cekoslovakia di partai puncak.

Pada pertandingan yang digelar di Estadio Nacional, Santiago itu, Brasil sempat tertinggal lewat gol Josef Masoputs di menit ke-15. Namun Brasil berhasil membalikkan keadaan dengan tiga gol yang dicetak Amarildo (17'), Zito (69') dan Vava (78').

Menariknya pada Piala Dunia Chile ini, penghargaan Golden Boot berhasil dimenangkan lima pemain dari lima negara berbeda. Vava (Brasil), Leonel Sanchez (Chile), Drazan Jerkovic (Yugoslavia), Florian Albert (Hungaria), dan Valentin Ivanov (Uni Soviet) sama-sama mengoleksi 4 gol.

Total 89 gol tercipta di turnamen ini. Brasil yang saat itu juga diperkuat Pelemenjadi tim yang paling produktif setelah berhasil mencetak 14 gol. Format turnamen sedikit berbeda dimana dua negara teratas di fase grup berhak melaju ke babak perempat final. Terpilihnya Chile sebagai tuan rumah memang sempat mengejutkan.

Pasalnya saat itu justru Argentina yang menjadi favorit setelah Chile terkoyak gempa besar pada 1960 yang mengakibatkan ribuan orang meninggal. Namun keyakinan Priseden Komite Olahraga Chile saat itu, Carlos Dittborn mampu membuat Chile terpilih.

Sayangnya Dittborn tak mampu menyaksikan turnamen setelah meninggal satu bulan sebelum perhelatan akbar itu dimulai. Piala Dunia atau Campeonate Mundial de Futbol 1962 ini juga tercatat sebagai paling berdarah. Pada fase grup, pemain Uni Soviet, Edouard Dubinsky, mengalami patah kaki sedangkan Slava Metreveli dipukul di wajah saat Uni Soviet bersua Yugoslavia. Soviet menang 2-0 meski kehilangan dua pemain itu.

Di pertandingan lainnya di fase grup, pemain Italia dan tuan rumah Cile terlibat perkelahian. Akibatnya polisi harus turun tangan untuk melerai dua kubu yang saling baku hantam. Wasit akhirnya mengusir dua pemain Italia. Partai itu akhirnya dijuluki Battle of Santiago.

Kontroversi

Pemain Brasil Garrincha yang diusir wasit di babak semifinal tetap tampil dapat tampil di final. Padahal menurut regulasi FIFA saat itu ia seharusnya tidak dapat tampil di pertandingan selanjutnya.

Piala Dunia 1958 ( Swedia )



Data & Fakta

Piala Dunia di Swedia ini minus dua Italia dan Uruguay. Brasil akhirnya memulai hegomoninya di Piala Dunia setelah di final berhasil menaklukkan tuan rumah Swedia dengan skor 5-2. Pada Piala Dunia ini pula nama sosok Pele tercatat sebagai pemain termuda.

Di turnamen ini pula striker yang baru berusia 17 tahun ini mulai dikenal luas di seantero jagad. Brasil yang saat itu ditangani pelatih bertangan dingin Vicente Feola mampu mendominasi sekaligus memperagakan sepakbola indah. Feola juga untuk kali pertama memperagakan system 4-2-4 yang terbilang baru saat itu.

Puncaknya di final Brasil berhasil menggulung Swedia yang saat itu dibesut pelatih asal Inggris George Raynor. Pada partai final yang digelar di Stadion Rasunda itu, Brasil berhasil unggul 5-2 lewat masing-masing dua gol dari Pele (55' & 90') dan Vava (9' & 32') plus satu gol Zagallo (68'). Sedangkan dua gol tuan rumah dicetak Nils Liedholm (4') dan Agne Simonsson (80').

Pada turnamen ini total 126 gol tercetak dengan Prancis sebagai negara tersubur dengan koleksi 23 gol. Namun bintang dari Piala Dunia saat itu menjadi milik striker Prancis Just Fontaine yang berhasil merebut Golden Boot dengan koleks 13 gol, yang terbanyak hingga saat ini.

Piala Dunia Swedia ini juga menjadi momen bersejarah bagi persepakbolaan Inggris Raya setelah empat negaranya Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara berhasil lolos ke final. Trofi Jules Rimet akhirnya menjadi milik Brasil. Momen saat Pele atau Edson Arantes do Nascimento menangis dan membawa bendera Brasil memutari lapangan juga akan selalu dikenang rakyat Brasil sebagai salah satu negara adidaya dalam sepakbola.

Kontroversi
Israel yang tidak dapat bermain di babak kualifikasi karena ditolak tim-tim negara lain diberi kesempatan untuk melawan Wales di babak playoff. Wales yang sebenarnya hanya menjadi runnerup di grup di bawah Cekoslovakia akhirnya lolos setelah menang 2-0.

Piala Dunia 1954 ( Swiss )



Data & Fakta

Piala Dunia ke-5 yang dimulai dari 16 Juni hingga 4 Juli 1954 ini digelar di Swiss dengan Jerman Barat tercatat sebagai juara. Padahal saat itu Jerman belum mempunyai liga professional. Pada pertandingan final yang digelar di Stadion Wankdorf Bern, timnas Jerman Barat berhasil menaklukkan Hongaria dengan skor 3-2. Jerman Barat sempat tertinggal lewat gol Ferenc Puskas dan Zoltan Czibor sebelum akhirnya berbalik unggul lewat dua gol Helmut Rahn dan Max Morlock.

Turnamen kali ini diikuti 16 negara dengan menggunakan format terbagi dalam empat grup yang akan meloloskan dua tim teratas di grup ke babak knock out. Total 140 gol tercipta di turnamen ini dengan mencatatkan Hungaria sebagai negara paling produktif yakni 27 gol.

Hungaria juga menjadi negara yang tak terkalahkan di 29 laga. Pemain Hungaria Sandor Kocsis berhasil merebut Sepatu Emas dengan 11 gol di turnamen yang untuk kali pertama disiarkan di televisi itu.

Catatan statistik lainnya yakni kiper Korea Hong Duk-yung justru kemasukan 16 gol hanya dalam dua pertandingan. Punggawa timnas Jerman, Fritz dan Ottmar Walter , menjadi saudara pertama yang bersama-sama memenangkan gelar Piala Dunia.

Bahkan di babak semifinal, kedua juga berhasil mencetak gol buat Der Panzer. Tiga pemain dikeluarkan dilaga perempat final antara Hungaria kontra Brasil akibat perkelahian yang dalam sejarah dikenal dengan Battle of Berne. Perkelahian ini juga kembali terjadi di ruang ganti setelah pertandingan.

Kontroversi

Jerman dituduh menggunakan doping di babak kedua pertandingan final setelah pemain justru terlihat semakin kuat dan garang di babak kedua. Namun kubu Jerman membantah keras.

Piala Dunia 1950 ( Brazil )



Data & Fakta

Piala Dunia 1950 yang digelar di Brasil menjadi Piala Dunia pertama setelah Perang Dunia II membuat turnamen ini vakum lama. FIFA memutuskan untuk menggelar turnamen ini di Amerika Selatan setelah negara-negara Eropa masih merasakan efek dari Perang Dunia II.

Turnamen ini dimenangkan Uruguay yang sebelumnya absen di beberapa Piala Dunia sebelumnya. Uruguay berhasil menang setelah di babak final berhasil mampu mengoleksi poin tertinggi dibanding Brasil, Swedia dan Spanyol.

Pada edisi kali ini format memang sedikit unik. Setelah menggunakan fase grup, empat jawara grup akan saling berhadapan di babak final. Uruguay akhirnya tampil sebagai juara dengan koleksi lima poin sedangkan Brasil harus puas di posisi runner up dengan 4 poin. Swedia menempati peringkat ketiga setelah mengoleksi dua poin. Sedangkan Spanyol harus menerima berada di posisis keempat setelah hanya meraup satu poin dari tiga laga.

Edisi ini merupakan turnamen pertama di mana trofi juara disebut dengan Piala Jules Rimet. Hal itu untuk menandakan 25 tahun Rimet telah menjabat sebagai Presiden FIFA. Turnamen ini hanya diikuti sebanyak 13 negara setelah sebelumnya Turki, Skotlandia, dan India batal tampil.

Piala Dunia kali ini juga tidak diikuti tiga kekuatan sepakbola saat itu Prancis, Jerman dan Hungaria. Sebanyak 88 gol tercipta di turnamen ini dengan mencatatkan Brasil sebagai tim paling produktif dengan 22 gol. Striker Brasil Ademir berhasil merebut Golden Boot dengan total 8 gol.

Kontroversi

India batal tampil di turnamen ini karena sanksi FIFA. India di hukum karena di babak kualifikasi para pemain bertanding tanpa menggunakan sepatu.

Piala Dunia 1938 ( Perancis )



Data & Fakta

Italia menjadi negara pertama yang berhasil mempertahankan gelar Piala Dunia. Gelar Piala Dunia kedua ini direbut Italia di Stadion Olympique de Colombes, Paris, setelah di final berhasil menaklukkan Hongaria dengan skor 4-2. Pada partai final yang disaksikan 45 ribu penonton itu, gol-gol Italia dicetak masing-masing dua gol dari Gino Colaussi (8' & 35') dan Silvio Piola (16' & 82'). Sedangkan gol balasan Hungaria dicetak Pal Titkos di menit ke-8 dan Gyorgy Sarosi di menit ke-70.

Sebanyak 15 negara tampil di turnamen ini yang menggunakan format knock out setelah sebelumnya Austria mundur meski lolos. Negara kuat macam Argentina, Inggris, Spanyol dan Uruguay tak ikut ambil bagian.

Total sebanyak 84 gol dicetak di Piala Dunia Prancis. Hungaria menjadi negara yang paling produktif dengan mengoleksi 15 gol. Sedangkan striker Brasil Leonidas berhasil merebut Golden Boot dengan koleksi 7 gol.

Pada Piala Dunia ini, untuk kali pertamanya juara bertahan dan tuan rumah lolos secara otomatis tanpa harus melalui babak kualifikasi. Tak hanya itu, pada Piala Dunia 1938 ini nomor kostum juga pertama kali diperkenalkan.

Indonesia yang saat itu masih memakai nama Hindia Belanda mencatatkan diri sebagai negara Asia pertama yang ikut turnamen ini. Sayangnya Indonesia langsung tersingkir oleh Hongaria di babak pertama dengan skor 6-0. Sayangnya Piala Dunia 1938 di Prancis ini menjadi yang terakhir setelah 12 tahun turnamen ini vakum karena pecahnya Perang Dunia II.

Kontroversi

Austria yang sebenarnya mampu lolos di babak kualifikasi akhirnya batal ikut serta setelah masuk dalam wilayah kekuasaan Jerman pada Maret 1938. Sebelum final, pemain-pemain Italia mengaku mendapat telegram dari diktator Benito Mussolini yang berisi ancaman 'Menang atau Mati'. Hal itu yang membuat kiper Hungaria mengatakan 'Saya mungkin kemasukan empat gol, tapi yang terpenting saya menyelamatkan nyawa mereka'.

Piala Dunia 1934 ( Italia )



Data & Fakta

Setelah sukses menggelar Piala Dunia pertama, FIFA kembali menggelar turnamen empat tahunan ini. Italia terpilih sebagai tuan rumah sebelum akhirnya tampil sebagai kampiun. Saat itu Italia dilatih pelatih legendaries Vittorio Pozzo.

Pada babak semifinal, Italia berhasil menaklukkan Austria dengan skor tipis 1-0. Sedangkan Slovakia berhasil menaklukkan Jerman dengan skor 3-1. Di partai final yang digelar di Stadion Nasional PNF Roma, Italia akhirnya tampil sebagai juara setelah menang 2-1 lewat babak perpajangan waktu.

Italia sempat tertinggal lewat gol Antonin Puc di menit ke-76 sebelum akhirnya mampu membalas lewat gol Raimondo Orsi di menit ke-81. Angelo Schiavio menjadi pahlawan kemenangan Italia setelah mencetak gol penentu di menit 95.

Setengah dari negara yang terlibat bermain hanya satu pertandingan karena 1934 final diselenggarakan sebagai kompetisi knockout. Pada Piala Dunia 1934 ini, striker Cekoslovakia Oldrich Nejedly berhasil mencetak gol terbanyak dengan 5 gol. Sebanyak 70 gol tercipta di Piala Dunia Italia dengan mencatatkan tuan rumah Italia menjadi tim paling produktif dengan koleksi 12 gol.

Terpilihnya Italia sebagai tuan rumah ini tak lepas dari peran pemerintahan Fasis pimpinan Benito Mussolini. Diktator Italia ini meminta negara-negara koleganya untuk memberikan dukungan supaya Italia terpilih sebagai tuan rumah. Akhirnya 16 negara menyatakan kesediannya untuk ikut serta.

Kontroversi

Sang juara bertahan Uruguay tak ikut serta dengan alasan ingin balas memboikot setelah Italia juga menolak tampil di Uruguay empat tahun sebelumnya. Inggris juga masih absen dari keanggotaan FIFA.

Luis Monti, yang pada final Piala Dunia 1930 di Uruguay membela Argentina, berputar haluan dengan membela timnas Italia. Pemain Italia Luigi Allemandi dihukum larangan tampil seumur hidup karena kasus penyuapan diberikan izin bermain membela Italia di final.

Partai perempat final antara Italia kontra Spanyol harus di jalani dua kali 90 menit. Setelah bermain imbang 1-1 pertandingan pertama, Italia akhirnya menang 1-0 lewat gol Giuseppe Meazza sehari kemudian.

Piala Dunia 1930 ( Uruguay )



Data & Fakta

Uruguay tercatat sebagai negara penyelenggara sekaligus kampiun Piala Dunia pertama setelah di final berhasil menaklukkan Argentina 4-2.

Turnamen ini digelar dari tanggal sejak 13-30 Juli 1930 dimana Perancis bermain di pertandingan pertama Piala Dunia, mengalahkan Meksiko 4-1 di Montevideo pada 13 Juli 1930. Striker Perancis Lucien Laurent mencetak gol pertama Piala Dunia 19 menit setelah pertandingan.

Pada partai puncak, Uruguay yang berhasil menaklukkan Yugoslavia di semifinal dengan skor 6-1 bersua Argentina yang juga berhasil mengalahkan Amerika Serikat dengan skor yang sama.

Uruguay sempat tertinggal 1-2 di babak pertama sebelum akhirnya menang 4-2. Stadion Centenario bergemuruh saat kapten Uruguay Jose Nazassi mengangkat trofi desain ahli patung Prancis, Abel Lafleur di Montevideo.

Uruguay dipilih FIFA setelah berhasil merebut dua medali emas di Olimpiade pada 1924 dan 1928. Uruguay juga berhasil meyakinkan FIFA dengan membangun stadion megah berkapasitas 100 ribu tempat duduk.

Uniknya, pada partai final itu digunakan dua bola berbeda. Pada babak pertama bola yang digunakan milik Uruguay sedangkan di babak kedua bola milik timnas Argentina. Stadion bernama Centenario ini juga menjadi saksi Presiden FIFA saat itu Jules Rimet memberikan Victoire aux Ailes d'Or, trofi setinggi 30 sentimeter kepada sang pemenang Uruguay.

Piala Dunia pertama ini sempat terancam batal setelah negara-negara Eropa tak hadir karena krisis ekonomi. Beruntung Julies Rimet berhasil membujuk empat negara Eropa hadir dengan semua biaya ditanggung FIFA. Total 13 negara ikut dalam turnamen ini. Eropa diwakili Prancis, Yugoslavia, Rumania, Belgia. Benua Amerika menjadi yang terbanyak yakni tuan rumah Uruguya, Argentina, Chili, Brasil, Bolivia, Peru, Paraguay, Amerika Serikat dan Meksiko.

Negara raksasa sepakbola Eropa macam Austria, Cekoslovakia, Jerman, Hungaria, Italia, Spanyol, dan Swiss saat itu menolak ikut serta. Sedangkan Inggris tak dapat tampil karena telah keluar dari keanggotaan FIFA pada 1928.

Sebanyak 70 gol dikemas dengan pencetak gol terbanyak dikoleksi timnas Argentina dengan 18 gol. Striker Argentina Guillermo Stabile berhasil meraih sepatu emas dengan koleksi 8 gol. Dan partai Peru kontra Rumania di penyisihan grup menjadi pertandingan paling sedikit penonton yang hanya berkisar 300 orang. Rekor tersebut masih bertahan hingga saat ini.

Sebanyak 13 peserta terbagi dalam empat grup. Pertandingan pertama dilaksanakan pada 13 Juli di mana Perancis mengalahkan Meksiko dengan skor 4-1. Gol pertama Piala Dunia diciptakan oleh Lucien Laurent, sedangkan hat-trick pertama diciptakan pemain Amerika Serikat, Bert Patenaude saat melawan Paraguay.

Kontroversi
Pada partai penyisihan grup, laga Argentina kontra Prancis berakhir enam menit lebih cepat dari waktu normal karena kesalahan wasit. Saat itu Argentina unggul 1-0. Stadion Centenario di Montevideo masih belum selesai dikerjakan saat turnamen telah dimulai. Stadion baru selesai setelah turnamen ini berlangsung selama lima hari.

Bagian 1

Sumber : VIVAnews


You Might Also Like :


0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, pertanyaan, serta saran dan kritik