Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Kamis, 01 Juli 2010

Gali Harta Karun Dunia Maya


23.57 | , , ,

Tahun 2009 lalu, kita memeringati usia Internet yang ke-40. Dalam jangka empat dasawarsa, begitu banyak kemajuan terjadi. Berganti masa, berganti pula gayanya.

Tren Web 1.0 berkembang lebih interaktif menjadi Web 2.0 dan sebentar lagi siap menyongsong Web 3.0, bahkan Web 4.0. Fenomena jejaring sosial, VoIP, dan cloud services dahulu mungkin tak terbayangkan oleh Vint Cerf, sang Bapak Internet.

Jenis layanan dan informasi pun kian kaya, cepat, dan luas. Saking banyaknya, belum semua kekayaan tersebut kita ketahui.

InfoKomputer mencoba menggali lebih dalam guna menemukan beberapa harta karun terpendam berupa web-web yang mungkin berharga bagi Anda.

Anakbangsa

http://anakbangsa.web.id

"Buat bangsamu bangga hari ini!" Itulah slogan yang diusung Anakbangsa.

Situs ini menampilkan berbagai karya dan prestasi anak bangsa yang patut diacungi jempol. Pertama dibuat Mei 2009, awalnya Anakbangsa berisi ulasan situs-situs berkualitas milik pribadi atau perusahaan lokal.

Namun kini Anakbangsa juga memuat karya-karya lain berupa produk atau berita tentang prestasi putra-putri Indonesia. Misalnya pencapaian Budi Soehardi dengan program Nothing Wasted-nya yang masuk unggulan BBC dan CNN.

Pembuat situs ini yakin bahwa dengan mempromosikan hal positif dari negeri ini, bangsa Indonesia akan tumbuh jauh lebih baik. Pembaca dapat ikut pula berpartisipasi menginformasikan karya atau prestasi anak bangsa lewat formulir yang tersedia.

Diatasawam

http://www.diatasawam.com

Diatasawam merupakan blog kreasi lokal berisikan berbagai artikel praktis tentang layanan-layanan berbasis web.

Isinya macam-macam. Ada penjelasan fungsional, review, tutorial, tips & trik, serta info-info terbaru. Layanan web yang dibahas pun beragam, dari Google sampai personal homepage.

Sekilas artikel-artikel yang diposting memang terkesan mendasar. Namun melihat sasaran si empunya blog adalah pengguna internet pemula, konten tersebut dirasa sangat pas.

Diatasawam punya misi mulia untuk membantu masyarakat Indonesia melek internet, sesuai jargon "Dari awam menjadi paham". Jadi kalau Anda masih bingung membuat Group Tweet di Twitter, mengatur feature Chat di Facebook, atau memanfaatkan Google Search Options, coba saja tinjau blog ini.

When Is Good

http://whenisgood.net

Ingin membuat suatu acara bersama teman-teman tapi bingung menentukan jadwal? Situs When Is Good menyediakan solusinya.

Pilih tanggal dan rentang waktu yang lowong bagi Anda, lalu kirim tautannya ke e-mail teman-teman Anda. Biarkan mereka memasukkan sendiri jadwal sesuai availability masing-masing. Nantinya situs ini bakal secara otomatis merekapitulasi pilihan-pilihan jadwal Anda dan teman-teman. Kalau ada perpotongan waktu yang cocok, situs ini akan menampilkan hasilnya. Itulah rekomendasi situs ini bagi Anda selaku penyelenggara acara.

Enaknya, layanan ini tersedia versi gratisnya. Anda bahkan tak perlu repot mengisi form pendaftaran terlebih dahulu. Jika ingin mencoba versi berbayar dengan fasilitas-fasilitas tambahan, biayanya US$ 5 per tahun saja.

Backupify

http://backupify.com

Pernahkah Anda membayangkan suatu saat nanti Facebook atau Twitter berhenti beroperasi? Bagaimana nasib data dan file pribadi yang Anda taruh di akun-akun itu? Tentu foto, video, dokumen, dan blog yang telah lama tersimpan akan hilang begitu saja.

Untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk itu terjadi, coba situs backup data Backupify. Situs ini menyediakan layanan pencadangan data-data online dari Facebook, Twitter, Wordpress, GMail, dan beberapa cloud service lain. Oleh Backupify, seluruh data Anda akan digandakan ke data center mereka hasil kerja sama dengan Amazon.

Jasa Backupify memang tidak gratis. Tersedia beberapa paket penyewaan mulai dari US$ 3,95 per bulan. Namun khusus backup data dari Twitter, situs ini memberi layanan cuma-cuma.

The Oatmeal

http://theoatmeal.com

Tahukah Anda penemu kopi instan punya nama sama dengan presiden AS pertama? Atau mau tahu seberapa adiksinya Anda terhadap Facebook?

Di situs The Oatmeal, Anda bisa menemukan banyak artikel dan kuesioner menarik dan informatif. Namun jangan bayangkan situs ini penuh tulisan dan membosankan. The Oatmeal punya gaya penyampaian yang unik karena seluruh konten disajikan dalam bentuk ilustrasi.

Inilah hasil kerja Matthew Inman, seorang desainer sekaligus pengembang web asal negara Paman Sam. Setiap komik, kuesioner, dan rancangan antarmuka di sini merupakan buah pikir otaknya. Inman pun pernah menerbitkan sebuah buku berisi pedoman-pedoman iseng berjudul "5 Very Good Reasons To Punch A Dolphin In The Mouth".

The Sixty One

http://www.thesixtyone.com

Bagi Anda hobi mendengar musik secara online, pasti sudah tak asing dengan Last.fm. Beragam jenis radio dan musik bisa ditemukan di sana dan dapat dinikmati tanpa membayar.

Nah, kalau Anda lebih menggemari musik independen, ternyata ada situs serupa bernama The Sixty One. Diadopsi dari nama highway ternama di AS, situs ini menyajikan lagu-lagu kiriman musisi indie dari seluruh dunia.

Di sini, setiap lagu bisa dinilai oleh para pendengar dengan simbol hati. Makin banyak hati diperoleh, berarti banyak pula yang menyukai lagu tersebut. The Sixty One juga menawarkan fasilitas playlist lagu berdasarkan suasana hati.

Selain streaming musik, situs ini punya feature forum diskusi berlabel "listeners group" dan sarana jual beli singel/album layaknya iTunes. Uniknya, setiap pendengar menilai atau mengomentari lagu, ia akan mendapatkan experience dan level layaknya permainan RPG.

Newseum

http://www.newseum.org

Newseum sebetulnya merupakan situs resmi museum sejarah media cetak yang berlokasi di Washington D.C., Amerika Serikat.

Namun situs ini memiliki sebuah fasilitas menarik, yaitu galeri capture halaman depan ratusan koran dari puluhan negara. Galeri ini diperbaharui setiap hari sehingga pengunjung situs bisa mengetahui berita-berita yang menjadi headline di seluruh dunia.

Pengunjung juga diperkenankan mengunduh koleksi halaman depan yang ada dalam bentuk PDF. Jika Anda ingin melihat arsip halaman depan pada beberapa momen bersejarah, misalnya pelantikan Presiden AS atau bencana tsunami, Newseum memilikinya.

Selain feature ini, situs Newseum tergolong lengkap dalam memberi informasi tentang isi museumnya, termasuk panduan tur virtual.

Issuu

http://issuu.com

Kalau Newseum menampilkan halaman depan koran-koran seluruh dunia, Issuu menyajikan lebih dari itu.

Rupa-rupa wujud publikasi seperti majalah, buklet, dan surat kabar tersedia di sini dalam format penuh. Ada pula file presentasi, jurnal dan laporan ilmiah, katalog, serta album foto. Semua merupakan kontribusi dari para anggota situs. Anda pun boleh ikut berbagi.

Memang kebanyakan file yang ada bukanlah media tenar semacam PC World, Newsweek, atau Rollingstone. Umumnya majalah dan surat kabar bersifat independen yang diunggah ke sini. Tapi inilah sisi menarik Issuu. Kalau jeli, Anda bisa menemukan majalah-majalah unik yang mengupas berbagai tema, dilihat dari sudut pandang berbeda.

Di tengah maraknya media online sekarang, kehadiran Issuu sebagai fasilitas penghimpun pantas diacungi jempol.

InterfaceLIFT.com

http://interfacelift.com

Jenuh dengan tampilan gambar dinding (wallpaper) di layar desktop Anda? Saatnya ganti gambar.

Tak perlu pusing mencari di Google Images karena InterfaceLIFT memiliki segudang koleksi gambar dinding berkualitas prima. Apalagi bila Anda penyuka hasil jepretan pemandangan alam, jumlahnya melimpah di situs ini. Tersedia pula gambar-gambar hasil rekayasa digital yang tak kalah memesona.

Seluruh koleksi gambar di sini punya resolusi tinggi dan cocok untuk monitor layar lebar dan HD. Bahkan gambar dinding untuk ukuran dua dan tiga monitor juga ada. Bagi pengguna peranti genggam, jangan khawatir karena InterfaceLIFT punya beberapa pilihan untuk Anda. Semuanya bisa diunduh secara gratis.

Selain gambar dinding, InterfaceLIFT menawarkan kreasi tema dan ikon, walau jumlahnya masih terbatas dan umumnya berbayar.

Vuvox

http://www.vuvox.com

Semasa sekolah dasar, mungkin Anda pernah mengenal nama kolase saat belajar kesenian. Kolase ialah jenis seni, biasanya dalam bentuk visual, yang konsepnya menggabungkan beberapa macam gambar dan benda sehingga membuat suatu karya baru.

Dalam desain grafis, kolase kini bisa diciptakan secara komputerisasi. Alatnya tersedia di internet dalam bentuk aplikasi berbasis web.

Vuvox salah satu contohnya. Di sini Anda bisa merangkai foto-foto dari berbagai sumber (upload sendiri atau ambil dari internet), lalu menambahkan gaya dan variasi visual. Tambahan teks dan audio juga boleh ditaruh ke dalamnya.

Hasilnya? Sangat artistik. Anda bisa jadi seniman hanya dalam sekejap. Asyiknya, kolase karya Anda dapat dipajang di blog ataupun dibagi lewat jejaring sosial.

Good-Tutorials

http://www.good-tutorials.com

Jika Anda seorang pekerja desain web atau grafis, Good Tutorial merupakan tempat yang wajib didatangi.

Sepertinya inilah situs terlengkap yang menyajikan rangkuman bermacam tutorial meliputi aplikasi-aplikasi dalam bidang industri kreatif. Contohnya saja Adobe Photoshop, Illustrator, Flash, Maya, dan 3ds Max. Tidak ketinggalan bahasa pemprograman web seperti CSS, PHP, JavaScript, dan Ruby. Situs ini juga memiliki tips-tips fotografi.

Sang pembuat situs, Zach Holman, telah mengumpulkan seluruh konten yang ada di Good Tutorials sejak tahun 2003. Tak heran kalau koleksinya kini mencapai 23.000 artikel lebih. Walau begitu, pencarian tutorial terasa mudah karena sudah disusun berdasarkan jenis aplikasi dan topiknya. Hasil pencarian pun bisa diurutkan berdasarkan tanggal, rating, banyaknya klik, dan komentar.

Howcast

http://www.howcast.com

Bayangkan YouTube yang penuh berisi video tutorial. Mirip seperti itulah wujud Howcast.

Ya, situs ini punya layanan streaming video yang dikhususkan mengandung konten panduan untuk melakukan berbagai pekerjaan.

Tak heran, seluruh judul video yang ada di sini selalu diawali dengan kata-kata How to. Mulai hal simpel seperti cara mencuci rambut sampai yang rumit, misalnya cara melunasi kredit rumah. Semua diseleksi berdasarkan jenis-jenis kategori yang sangat bervariasi.

Mayoritas konten diproduksi sendiri oleh tim pengembang Howcast. Yang menarik, pengembang situs ini telah menyediakan aplikasi pemutar video khusus bagi pemakai iPhone dan Android OS.

Di AS, Howcast sudah mendapat pengakuan dari PC Magazine dan TIME sebagai salah satu top site tahun 2008.

Academic Earth

http://www.academicearth.org

Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina, itu kata pepatah lama. Namun saat ini, Amerika Serikat-lah yang kerap menjadi acuan utama para pelajar dan mahasiswa. Sayang, masuk perguruan tinggi terkemuka di sana tidaklah mudah. Kalaupun sukses, faktor biaya menjadi hambatan berikutnya.

Namun kini tak perlu berkecil hati. Kemajuan teknologi memungkinkan kuliah jarak jauh lewat rekaman video. Konten inilah yang disediakan oleh situs Academic Earth.

Di sini Anda dapat menemukan lebih dari 100 video kuliah yang disampaikan langsung oleh dosen-dosen perguruan tinggi papan atas di AS. Terhitung tujuh kampus telah bergabung, antara lain MIT, Harvard, Yale, Princeton, UCLA, Stanford, dan Berkeley. Jenis mata kuliah yang tersaji juga variatif.

Academic Earth membuktikan e-learning membuat jarak yang terbentang tidak lagi menjadi penghalang.

Get High Now

http://gethighnow.com

Ini bukan situs cara menambah tinggi badan. Bukan pula situs berisi jual beli narkotika.

Get High Now justru menjadi satu lagi bukti keberadaan pengetahuan sains yang amat berharga di dunia maya. Dalam situs ini, Anda bakal menemukan 40 bentuk ilusi audio dan visual. Semua boleh dijajal secara gratis.

Pasti Anda akan takjub saat mengeksplorasi kontennya. Misalnya alunan ritme Risset yang terasa semakin lama semakin cepat. Padahal kalau Anda mendengarnya sambil mengetukkan jari, temponya tidak berubah sama sekali. Untuk ilusi optis, cobalah longok Benham's Disk, Ouchi Goochi, atau Equiluminance. Hampir setiap fenomena tersebut nyatanya bisa dijelaskan secara ilmiah. Menambah wawasan, bukan?


You Might Also Like :


0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, pertanyaan, serta saran dan kritik