Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Sabtu, 19 Juni 2010

Pemuda Harapan Bangsa : Sukron Abdilah


21.46 | , , ,


JEJARINGKU-COM -
Sukron Abdilah lahir hari Senin di Banyuresmi, Garut pada 22 Maret 1982. Sejak kecil dirinya bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sayangnya, cita-cita tersebut tidak kesampaian. Namun, hal itu tidak membuatnya berkecil hati. Di era internet inilah, dia menemukan cita-citanya yang sempat terpendam lama sekali. Tepatnya September 2007, ia berkesempatan bertemu dan berdiskusi dengan H.Budhiana [Wapemred HU Pikiran Rakyat] di sekretariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah UIN Bandung. Sejak itulah, sebagian aktivitas menulisnya dicurahkan di dunia maya. Ia termotivasi dengan istilah “Citizen Journalism” sehingga lahirlah situs blog www.jejaringku.com.

Berkat social blog network www.kompasiana.com juga dirinya mendapatkan pengetahuan lebih ikhwal newmedia dan era 2.0. Setiap orang – yang mampu menulis – dalam konsep jurnalisme newmedia dapat menjadi pewarta. Blogger – dengan postingannya – merupakan wujud dari “Citizen Journalism”. Maka dari itu, untuk mewujudkan cita-citanya sebagai wartawan, Sukron Abdilah, membangun media sederhana ini, yang didedikasikan untuk kemajuan dan pengembangan dunia informasi dan komunikasi di Indonesia. Selain situs ini, Sukron Abdilah juga tercatat aktif menulis di berbagai komunitas blogger dan media online.

Di antaranya:
http://www.sunangunungdjati.com [Pemred];
http://www.kompasiana.com [Kontributor];
http://www.kabarindonesia.com [kontributor 2007-2008];
http://politikana.com [non-aktif];
http://www.jejaringku.com [Founder];
http://www.sukron-abdilah.web.id. [Blog personal].

Sebelum merambah ke dunia maya, ia sempat aktif menulis untuk berbagai media lokal dan nasional. Tulisannya tercatat pernah menghiasi berbagai media cetak di antaranya:
HU Pikiran Rakyat, Kompas Jawa Barat, HU Galamedia, SINDO, Pelita, Republika, SKM Medikom, Tribun Jabar, Suara Muhammadiyah, Percikan Iman, Madina, Tabloid Al-Hikmah, Gema Mujahidin, IRFANI, Jurnal Observasi, Jurnal Irsyadi, dan Majalah Digital Jejaringku.

Di dunia penerbitan buku, pernah mengecap profesi sebagai penulis dan editor lepas. Sejumlah karyanya dalam bentuk buku di antaranya:
“Cinta Kamu Nggak Bikin Bete”“Hidup Sehat Ala Punk Hardcore” [DAR!Mizan, 2006]; “Dahsyatnya Shalat Dhuha” [a.n pena Sabil el-Ma’rufie, DAR!Mizan, 2007]; “La Tahzan for Teen’s Love” [a.n pena Sabil el-Ma’rufie, DAR!Mizan, 2008]; dan buku “Energi Shalat” [a.n pena Sabil el-Ma’rufie, Mizania, 2009]. Adapun buku hasil suntingan yang telah diterbitkan di antaranya: “Tuhan Kuatkan Imanku” [Mizania, 2008]; “Kutemukan Surga-Mu dalam Islam” [DAR!Mizan, 2008]; dan “Zikir-zikir Penentram dan Penenang Hati for Teens” [Fajar Publishing House, 2006]; [DAR!Mizan, 2009].

Insyaallah di situs blog www.jejaringku.com, dengan modal swadaya-mandiri, Sukron Abdilah akan berbagi informasi seputar teknologi informasi, internet, blog, media sosial, media literacy, dan etika literacy. Konten situs ini selain diupdate olehnya, menyertakan tulisan dan laporan keren yang diambil dari situs komunitas lain dengan mencantumkan link sebagai bentuk penghargaan atas karya mereka. Setelah sekian lama berkutat pada tulisan-tulisan generalis, kini ia memantapkan hati untuk menulis ikhwal perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari perspektif etika penggunaannya di rubrik
@Jejaring pada Koran HU Pikiran Rakyat [Bandung].

Apabila Anda ingin berjejaring dengan Sukron Abdilah di situs digital network bisa mengikutinya di
www.facebook.com/sukron.abdilah dan http://twitter.com/sukronismart. Selain itu silakan juga menengok “kavling rumah maya” yang ditempatinya di Kompasiana, www.kompasiana.com/sukron “Mari kita tebarkan prinsip “berbagi” dan “berjejaring” di internet dengan memposting sesuatu yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup kita di muka bumi.” Ujarnya penuh semangat. [Redaksi/Jejaringku]

Kunjungi Sumbernya disini
http://www.jejaringku.com/2010/05/sukron-abdilah-lahir-hari-senin-di.html?spref=fb



You Might Also Like :


1 komentar:

Manchester United Tech mengatakan...

sob, link juga udah dipasang, silakan cek disini n ane juga dah follow balik..thx sob!!

Posting Komentar

Tuliskan komentar, pertanyaan, serta saran dan kritik