Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Rabu, 07 Juli 2010

KH. Fahmi Basya : Teori Tentang Borobudur


06.42 | , , , , ,

Sejak masih kecil kita sudah diajarkan tentang sejarah Candi Borobudur yang merupakan Candi Budha terbesar di Indonesia yang dibangun pada masa dinasti Syailendra. Lalu kenapa kok bisa dikatakan dibangun oleh Nabi Sulaiman.

Berdasarkan hasil riset Lembaga Studi Islam dan Kepurbakalaan yang dipimpin oleh KH. Fahmi Basya, dosen Matematika Islam UIN Syarif Hidayatullah, ternyata "CANDI BOROBUDUR" adalah bangunan yang dibangun oleh "TENTARA NABI SULAIMAN" termasuk didalamnya dari kalangan bangsa Jin dan Setan yang disebut dalam Alqur'an sebagai "ARSY RATU SABA".

Sejatinya PRINCE OF SABA atau "RATU BALQIS" adalah "RATU BOKO" yang sangat terkenal dikalangan masyarakat Jawa, sementara patung-patung di Candi Borobudur yang selama ini dikenal sebagai patung Budha, sejatinya adalah patung model bidadara dalam sorga yang menjadikan Nabi Sulaiman sebagai model dan berambut keriting.
Hasil riset tersebut juga menyimpulkan bahwa "SUKU JAWA" disebut juga sebagai "BANI LUKMAN" karena menurut karakternya suku tersebut sesuai dengan ajaran-ajaran LUKMANUL HAKIM sebagaimana tertera dalam Alqur'an.

Perlu diketahui bahwa satu-satunya nabi yang termaktub dalam Alqur'an, yang menggunakan nama depan SU hanya Nabi Sulaiman dan negeri yang beliau wariskan ternyata diperintah oleh keturunannya yang juga bernama depan SU yaitu Sukarno, Suharto, dan Susilo serta meninggalkan negeri bernama SLEMAN di Jawa Tengah.


Nabi Sulaiman mewarisi kerajaan dari Nabi Daud (baca: ayahnya) yang dikatakan didalam Alqur'an dijadikan Khalifah di Bumi (menjadi Penguasa Dunia dengan Benua Atlantis sebagai Pusat Peradabannya), Nabi Daud juga dikatakan raja yang mampu menaklukkan besi (membuat senjata dan gamelan dengan tangan, beliau juga bersuara merdu) dan juga menaklukkan gunung hingga dikenal sebagai Raja Gunung.

Di Nusantara ini yang dikenal sebagai Raja Gunung adalah "SYAILENDRA" , menurut Dr. Daoed Yoesoef nama Syailendra berasal dari kata saila dan indra, saila = gunung dan indra = raja.
Negeri saba' yang dahulu di kuasai Ratu Bilqis, jaman Nabi Sulaiman mungkinkah Indonesia yang dimaksud ??

Didalam alquran ayat 18 surat SABA (34) kita disuruh untuk melakukan perjalanan ke Saba.

“Berjalanlah padanya beberapa malam dan siang dengan aman" (QS.34 ayat 18)

Ada yang mengatakan bahwa NEGERI SABA itu adalah INDONESIA dengan pusat pemerintahan di Jawa dan ARSY SABA yang dipindahkan atas perintah Nabi Sulaiman adalah Borobudur yang dipindahkan dari Ratu BOKO, yang selama ini orang mengira adalah di YAMAN.


Ada beberapa point yang menjadi bukti berdasarkan Alquran bahwa SABA itu adalah di pulau Jawa dan bukan di YAMAN. Di ilmu sejarah kita Candi Borobudur didirikan pada abad ke 7 tapi menurut teori paruh waktu bahwa penelitian terhadap batu tersebut tidak bisa dihitung umurnya dengan Isotop C . Sehingga bisa ditarik hipotesa bahwa Borobudur tidak dibuat pada abad ke 7.

Mengenai Fenomena 19

Kita semua tidak memungkiri bahwa fenomena 19 di dalam Al-Quran itu berasal dari kalimat Bismillaahhirrahmaanirrahiim yang terdiri dari 19 huruf .Kalimat ”Bismillaahhirrahmaanirrahiim” ini yang memperkenalkannya kepada kita adalah Nabi Sulaiman. Ketika dia berkirim surat kepada Ratu Saba’ Kop Surat dari Surat Sulaiman itu adalah kalimat “Bismillaahhirrahmaanirrahiim”.

Isi suratnya adalah :”Allaa ta’luu ‘alaiyya, wa’tuunii muslimin” (Jangan menyombong kepada ku dan datanglah kepada ku dengan menyerah diri”. Jadi, dapat dikatakan bahwa Fenomena 19 itu sudah diketahui oleh Nabi Sulaiman.

Sebab itu di Borobudur ada Fenomena 19.
Karena yang membuat Borobudur itu bukan manusia saja, tetapi juga Jin, maka segaris lurusnya tiga candi Borobudur, Pawon dan Mendut, bukanlah hal yang kebetulan. Karena Jin bisa melihatnya dari atas.


Untuk apa mereka membuat ketiga candi itu (Candi Borobudur, Candi Pawon, Candi Mendut) segaris lurus ? Jawabannya adalah untuk membuat gambar Gerhana. Dengan demikian mereka memberitakan bahwa Borobudur itu gambar Matahari, Pawon adalah gambar Bulan, dan Mendut adalah gambar Bumi. Itu diibaratkan Mendut mewakili manusia. Sebab di sana ada sebuah patung manusia sebagai wakil penduduk bumi, yaitu manusia. Mengapa Borobudur itu gambar matahari ? karena si Ratu Saba’ itu dulunya kan menyembah matahari, jadi ‘Arsy dia itu ada nuansa mataharinya.

Mengapa candi-candi itu menggambarkan Mihrab-Mihrab?? Ya dikarenakan di dalam Al-Quran, jin-jin yang bekerja atas paksaan Sulaiman itu, mereka membuat mihrab-mihrab

“Dan untuk Sulaiman, angin bertiup pada pagi hari sebulan dan bertiup pada petang hari sebulan. Dan kami alirkan baginya mata air dari tembaga, dan kami mudahkan sebagian dari Jin bekerja di hadapannya dengan izin Tuhannya, dan siapa dari mereka berpaling dari perintah kami, niscaya kami rasakan baginya dari azab api yang bernyala. Mereka kerjakan untuknya apa yang ia kehendaki dari Mihrab-Mihrab dan Patung-patung dan Piring-piring seperti Kolam-Kolam dan Kuali-Kuali yang tetap” (Al-Quran, surat Saba’, ke 34 ayat 12-13)

Baca ulasannya :

Download ulasan 1
Download ulasan 2
Download ulasan 3
Download ulasan 4

Bagan cerita Borobudur


You Might Also Like :


90 komentar:

Gume Online mengatakan...

Link terkait dari postingan diatas

http://borobudur-alquran.blogspot.com/

http://spirit-actual.blogspot.com/2010/07/borobudur-dibangun-nabi-sulaiman.html

http://langitselatan.com/2007/06/28/misteri-candi-borobudur/

Silahkan rekan2 tafsirkan sendiri kebenaran teori KH. Fahmi Basya

Anonim mengatakan...

Mencari kemiripan (bahkan sampai dimirip-miripkan) yang tidak berhubungan untuk mendukung teorinya.

1. Java Tel Aviv seharusnya JAFFA Tel Aviv.
2. Nama yang berawalan SU tidak selamanya berarti orang Jawa. Nama SUDONGPO itu nama orang jawa ?

Kalau memang Borobudur dibikin oleh Nabi Sulaiman, apa kata Al qur'an tentang arti relief yang ada di Borobudur ?

Anonim mengatakan...

Berita ga penting bgt...Salah gaul tuh yg berpendapat sperti ini.

Anonim mengatakan...

Kyai keblinger, ga bisa dinalar otak, prasasti2 borobudur itu ada tahunya, dan relief2 borobudur itu menceritakan agama budha,,,

jangan menafsirkan al=qur`an seenak sendiri, diragukan gelar KH nya

Anonim mengatakan...

yang ngomong peninggalan nabi Sulaiman cuma ada satu group ngaconya K.H. Fahmi Basya. Udah dibahas disini
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4498073
Abis2 di sanggah. Sapa siapa K.H. Fahmi Basya, ada disini
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4498073&page=47

Anonim mengatakan...

sebuah pemikiran yang menarik. Perlu ditambahkan lagi data-data yang mendukung dengan lebih detil.

Dachri mengatakan...

Saya kira penelitian itu sangat bagus, namun demikian perlu adanya cross cek dilapangan, dan bukti-bukti yang lengkap dan lebih dalam lagi sehingga benar-benar dapat dipertanggung jawabkan atas penelitian tersebut dan diakui oleh dunia internasional.

Anonim mengatakan...

Penelitian perlu terus dikembangkan, alam sekitar kita merupakan ayat-ayat Allah yang harus kita kaji keberadaannya.

wisdomgod mengatakan...

waduh mas, udah habis dibantah disini: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4498073

Anonim mengatakan...

Hanya ada beberapa teori yang masih diragukan kebenerannya.

Sementara seluruh teori dan bukti yang terlihat jelas "borobudur itu penginggalan agama Budha".

Kok bisa-bisanya "nyleneh" sendirian teorinya..

Sinyo mengatakan...

bagi saya, apapun pemikiran orang ttg Borobudur adalah hak mereka masing2. adanya Pro dan Kontra ttg hal tsb adalah dari hasil mereka berpikir,hanya saja saya mengingatkan bahwa terlepas dari semua masalah ini janganlah kita melupakan bahwa segalanya hanya milik Allah semata.

Anonim mengatakan...

Ada kyai pengen ngikut2 stylenya DAN BROWN nih...
Cuma kurang didukung kuat oleh fakta sejarah terutama TIMELINE-nya....

Anonim mengatakan...

satu-satunya nabi yang depannya SU. Bagaimana dengan Nabi Syuaib A.S? (atau itu depannya syu?) aneh nih. Nabi kok bikin berhala :p

Anonim mengatakan...

Masa Sholat jadi berkiblat ke Candi Borobudur.... karena disitu ada patung Budha=patung Nabi Sulaeman (katanya).... Jadi, perlu biaya berapa tuh..ngubah arah mesjid di seluruh Nusantara ini jadi menghadap ke Jawa Tengah...hehehe.... Kalau mau haji juga ke Candi Borubudur...hehehe.... Nanti imam solatnya... Mbah Marijan sekalian...

Anonim mengatakan...

NGAWUR!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Sulaiman itu Solomon ....jangan dismaakan2 dengan nama jawa,,,Klw Su merupakan kturunan sulaiman,,bsa aja dong aSU itu slh satu kturunannya??

jganlah menyamakan2 sesuatu yang bukan hak milik
sudah jelas2 Borobudur milik org BUdha...

Anonim mengatakan...

KH Fahmi hanya mencari sensasi dan ketenaran dengan membuat cerita melawan arus sejarah dengan menghubung2kan sesuatu yang tidak berhubungan. Tapi patut dipuji: lumayan juga cerita fiksinya..

Deni mengatakan...

Banyak orang mengkritik dari tempat yang lebih rendah...Saya kira semuanya belum bisa dikatakan benar dan tidaknya.apa yang diketahui manusia biasanya relatif terhadap waktu ( kecuali ALLAH )..apa yang mengkritik teori itu ikut membuktikan??ato hanya sebatas ikut omongan orang?? Sebaiknya diikuti sajalah dulu jalan ceritanya...itu kan juga buah pikiran,dan patut diapresiasi terlepas dari salah dan benarnya...

Anonim mengatakan...

Ha...ha..ha..... Pendapat yang unik... maju terus pantang mundur....semua saja... aku penonton wae... Semua pada takut ...yang Islam takut analisanya malah jadi bumerang...yang non Islam takut Islam kembali berjaya dengan teori itu....
Akh-lebih takut kalo ada kutu busuk nyelip masuk ke ati bikin rumah di dalamnya

Anonim mengatakan...

saya juga kurang paham(mohon penjelasannya)mengapa Indonesia menjadi pemeluk agama Islam terbesar di dunia?....saya lahir dan besar di Jakarta dan silsilah buyut saya ada Bani....nya(maaf saya tidak sebutkan), orang tua asli sekitar Wonosari-Jawa Tengah. Saya akan dukung teori anda bila semua memang berdasarkan dari Al-quran.......wassalam

wisdomgod mengatakan...

yang mengkritik bahkan sudah membawa bukti ilmiah, arkeologis, Alquran, dll, semua sudah ada.
Lengkap di http://kask.us/5084288
Teori Fahmi Basya bukan berdasarkan Alquran tapi hitung-hitungan ala togel yang diterapkan pada ayat Alquran

Anonim mengatakan...

Wah ini mabuk apaan? Bagi bagi dong minumannya... dahsyat banget efeknya nih

CAKRUKAN BOJONEGORO mengatakan...

asyikkk. ada bahan untuk ngalihkan isyu politik dalam negri lagi nehh. tapi simpen dulu ah, kalau malyasia dah reda, dan kalau kasu politi besar terjadi, pasti ini bakal dinaiikan untuk nutupi isyu korupsi, kaplori, century, dpr, presiden, dll

Anonim mengatakan...

AYA AYA WAE NIH KIYAI ... ALQUR'AN MAH UDH JELAS ITU ADALAH PERKATAAN ALLAH SWT ... JGN DI PUTAR BALIKKAN ... SUDAH BANYAK AHLI TAFSIR ALQUR'AN YANG MEMPELAJARI TERMASUK 5 IMAM BESAR ISLAM SEPERTI IMAM SYAFI'I, HAMBALI DSB,... JGN YANG ANEH ANEH KIYAI ... INGAT KIYAI ... AZAB DARI ALLAH SWT SANGAT PEDIH ... AGAMA JANGAN DIPERMAINKAN ... PERBANYAK ISTIGHFAR DAN BERTAUBATLAH ... SEBELUM MALAIKAT MAUT MENJEMPUT MU ... DAN ALLAH MEMINTA PERTANGGUNGJAWABAN MU ...

Anonim mengatakan...

bagus, menarik dan kreatif untuk menolong negara ini.
Kalau seluruh umat dari berbagai belahan dunia, melakukan semacam perjalanan haji ke Indonesia, bisa dibayangkan berapa devisa negara yang akan di dapat. Sudah pasti rakyat kita akan makmur. Pernahkah kita berpikir, berapa kekayaan Indonesia yang mengalir ke negeri Saudi yang kaya itu dalam satu kali perjalanan haji. Padahal orang-orang kaya dan pejabat kita yang korup itu, banyak yang naik haji berulang kali. Mungkin hidup mereka tidak tenang, dan merasa perlu mensucikan hidup dan hartanya yang didapat dengan cara tidak halal.

Cabe mengatakan...

Kasihan Umat Buddha, kasihan juga leluhur pendiri Borobudur. Capek2 bikin eh tau2 diklaim.

Patung Liberty, menara eiffel, tembok cina kapan nich gilirannya di klaim

Z A E N mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Anonim mengatakan...

hehe...akhirnya Tuhan kirim Fahmi Basya,..hehe mudah-mudahan Bangsa Indonesia perlahan mengerti tentang silsilah negrinya...hehe orang-orang yang tumpul otaknya karena ga'pernah diasah selalu berbicara sinis kerjanya cuma taqlid...ragam suku dan bahasa di negri ini seharusnya membuat melek otak mereka..hehe udah tumpul sok tau lagi...maju terus Fahmi Basya...jangan pedulikan si otak-otak tumpul hehe..

Anonim mengatakan...

Fahmi Basya
FB=Fucking Buulshit.....

mngkin mksud ni kiyai ingin mmbuat agamannya mnjadi terkenal..

ane prnah denger ad yang blg gini,,arab mayoritasnya Islam..dan bangunan yang trkenal juga Islam(Kabah)

India mayoritasnya Hindu..tapi bangunnanya yang trkenal ialah Islam(Taj mahal)..ksimpulnnya Islam mmng bagus dan ebat,,bahkan d negara yang myoritasnya bukan islam...

bagaimana dengan INdonesia mayoritasnya Islam negara berpenduduk Islam trbesar d dunia..
tapi bangunan yang terkenal Bukan Islam..
walaupun bnyk mesjid...tetap yang plg bagus Borobudur(Budha)...kesimpulannya Islam tdk selalu bagus..
sO bsa saja Fb sengaja buat teori ini agar islam manjadi yang terbaik....
ada--ada saja,...
jgn setelah gagal m borobudur,,pngin klaim Prmbanan,,uhhhhhh...

Anonim mengatakan...

Pak Fahmi, sekalian aja :

-Gelora Bung Karno
-Jembatan Ampera
-Monas
-Bandara Soekarno-Hatta
-Patung Obama and Taman Menteng
-Istana Merdeka

Jangan lupa yang diluar negeri :

-Obelinks
-Vatican
-Menara Condong Pisa
-Semua stadion di liga2 Eropa ky Old Trafford ato Santiago Bernabeu
-Machupichu
-Istana Buckingham
-World Trade Center
-Microsoft

Tapi kok yg diklaim yg hebat2 aja ya KENAPA NGGAK MENGKLAIM KOTEKA AJA SEKALIAN!!!

Anonim mengatakan...

Nggak nyangka akhirnya kata JIN dan SETAN pun keluar dari mulut seorang dosen ternama....Pak, Fahmi, kenapa ngak sekalian mengklaim ILMU SANTET aja pak! Kan pakai Jin juga!

Sekalian juga deh klaim Anime! Kan siapa tau aja cewe2 nya itu bidadari! XD wakakakakakakka

Eh, terus-terus KAPAN GILIRAN KITAB KAMASUTERA!!!?? WAKAKAKAKAKAK

wisdomgod mengatakan...

Mana si Anonim yang bilang kontra = otak tumpul?
Masuk debat disini:
http://kask.us/5084288
http://kask.us/5084288
http://kask.us/5084288

buktikan otak loe lebih waras!!

embuhraruh mengatakan...

Eh klo mau dunlut, bantahan teori ngawur ini udah bisa lo disini;

http://www.4shared.com/get/7MGipcqE/Kelemahan_Teori_Borobudur_-_fi.html

http://www60.indowebster.com/0640516ddc9cdb1e1ce71d4c57eae645.pdf

yang pro KH FH; braninya tinggal glanggang colong playu;
yang punya blog, lo anak kaskus cuma dodol banget, baca nie thrit http://kask.us/5084288

hafiz online mengatakan...

sepertinya bapak ini terlalu banyak mengkhayal, kenapa ngak sekaian aja bilang nabi adam yang bangun candi borobudur... atau gunung merapi dulunya di jepang kemudian dipindahkan ke jogja...... heheheheh
STOP ASBUN

Anonim mengatakan...

Manusia hanya mengira ngira, yang punya kepastian hanya Tuhan, Alloh SWT

Anonim mengatakan...

Itu baru teori, perlu bukti lbh lanjut utk menjadikan teori ni mjd teori ilmiah/terbukti, atau bahkan gagal.
maklum jg dg nabi bikin patung dll, karena syariat/ajaran tiap nabi itu beda. aqidahnya sj yang sama

Tamam mengatakan...

Saya tidak mendukung dan juga tidak menolak. Generasi yang mulia adalah tidak menolak dan tidak menerima secara mentah2, tapi dipikirkan dulu. sesama saudara alangkah indahnya jika tidak ada permusuhan. Salam Nusantara

Anonim mengatakan...

Cuman mau mengingatkan,.. kuliah bapak FB disini belum selesai loh.. Masak FB ga berani masuk diskusi disinih
http://kask.us/5084288
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5084288
:)

Sy mengatakan...

Kalo memang pak Fahmi punya teori sperti itu ya gak pa2, tapi kyaknya tidak perlulah kalo pake klaim segala, krn andaikan teori itu benar,, kan Nabi Sulaiman bukan milik Islam saja... Saran sya kpd pk Fahmi agar setelah ini lekas mencari sbanyak mungkin fakta2/referensi2 yang dpt dipertanggung jawabkan untuk menguatkan teori anda, dan yang terutama dan terpenting menurut saya adalah ttg Ada tidaknya kaitan2 antara agama Budha-Hindu dan Nabi Sulaiman. Dan janganlah anda merasa diri anda paling benar, krn hanya Allah yg Maha Benar. Wassalam..

Anonim mengatakan...

semua orang bisanya ngeledek aja.............banyak yang menyangkal...karena yang ngomoongnya orang islam,,,tapi saat orang barat menyatakan adanya alien ,,,,semua percaya,,,,,,emang ada bukti yang mengatakan candi prambanan di buat oleh manusia,,,terus bagaimana cara mengangkat batu batu yang besar ,,,bisa dibuktikan ga,,,siapa yang mau ngomong??????

Anonim mengatakan...

belajar lah menghargai karya orang laen,,belum tentu orang yg menghina itu lebih baek dari pada dia.....

Anonim mengatakan...

Dosen gila kok dikutin.....bagemana mahasiswanya....wong dosenen bae kenthir....woyowoyo....

Anonim mengatakan...

PEKOK TENAN....KALO GITU AKU NJUR TURUNAN NABI SULAIMAN KEBERAPA YA...NAMAKU SUKANDAR...WAKAKAKAKAK..RUMAHKU NEGERI SABA' ALIAS wonoSOBO = wanaSABA' WAKAKAKAKAK...DOSEN UIN SARAFHIEDANTULEN...WAKAKAKWKAK 10000000000000% KENTHIR...

Anonim mengatakan...

Hanya Allah Yang Tau.

Ilmu Tajwid mengatakan...

lebih arif lagi lah..... memadukan sesuatu dengan hal-hal yang berkaitan dengan teks Al-Quran, karena teks Al-Quran adalah kalam yang suci jadi tidak boleh sembrono....

Anonim mengatakan...

kenapa ngak klaim aj gereja, vihara, pura yg plng tua di dunia adalah bikinan jin dan tertulis d "kitab suci"..

ada2 saja manusia jaman sekarang, yg buat informasi ini suka menggurui allah swt..

Anonim mengatakan...

orang yg yakin dengan Tuhannya akan mencari cara untuk menambah keyakinannya. daripada menolak mentah2 pemikiran ini mengapa tidak ditanyakan langsung ke sumbernya. ada dua cara yaitu (nanti) menunggu kematian atau (sekarang) meraga sukma untuk menemui nabi2 yang disebut dan menanyakan cerita yang sebenarnya.

RAKYAT MERDESA mengatakan...

Yg namanya agama islam,karesten,hindu,budha = gak ada, para nabi tidak pernah mendirikan agama, termasuk si tuhan, tapi kalo SUNDA-NUSANTARA adalah asal muasal PERADABAN2 BESAR di Seluruh DUNIA, berdasar temuan geologis & arkeologis bisa diBUKTIkan.
Para Nabi berasal dari SUNDA, yg karena Gunung KRAKATAU 12 Ribu Tahun Lalu meLETUS, hingga Daratan SUNDA jd terPISAH, ada Sumatra-Jawa-Kalimantan-Sulawesi, kaum Yahudi adalah Urang SUNDA yg Exodus !!
Saya punya data yg akurat, kalo NUH berasal dari PAPUA . . . !!

Anonim mengatakan...

Penelitian itu memang bagus untuk mengarah ke pengasahan otak (pola pikir), tapi yang jadi masalah dalam borobudur adalah belum ditemukannya bentuk kaca saat ratu SABA' masuk ke singgasananya. Tolong dibuktikan! Terus dan berjuanglah!

Anonim mengatakan...

he...he...he...emang lagi musim ngawur, pejabat ngawur, rakyat ngawur, polisi ngawur, hakim ngawur, pengacara ngawur, dan .....yang ini juga ngawur, mabur, ajur mumur, wis teruske ngimpine....

Anonim mengatakan...

haha.
para komentator beraninya lewat dunia maya.
ayo, ajak tuh KH Fahmi Basya debat langsung tentang ini.
seberapa kuat pengetahuan kalian menyangkal tentang penelitian yang dilakukan KH Fahmi Basya.

Anonim mengatakan...

ahhh setan...ngakunya KH...
ternyata iblis. . . brengsek. . .!!

Anonim mengatakan...

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un

Anonim mengatakan...

Kita ga boleh defensif donk...ini kan sebuah informasi yang boleh diuji kebenarannya. Jangan gara sentimen dengan orangnya sehingga kebenaran yang datang dari ja tertutupi...kan ga adil.

Anonim mengatakan...

Buah pikiran dan penelitian bertahun-tahun oleh seorang akademisi perlu diapreasi dan dikudung, bukan masalah borobudur punya siapa yang jelas borobudur mengingatkan kemajuan leluhur nusantara/indonesia dan warisan dunia. Tidak ada yang tahu pasti kapan borobudur dibangun. yang tahu hanyalah allah pemilik semua yang ada di jagad raya ini. salam rahayu nusantara

CUPI' DE PIPPO mengatakan...

munkin iya munkin tidak..
klo iya knpa bukan ditemukan dari dulu teorinya

Koppoibrahim mengatakan...

sst ,jangan dibantah dgrin dulu,nih jinnya nabi sulaiman lg nyusup. :D :D

RIZQAN MUBDI mengatakan...

hey yang bilang ngawur, jangan sembarangan buat juga dong tulisan tentang candi borobudur dari budha .. !!! asal aja mengklaim sesuatu tnpa membrikan keterangan yang jelas...

alexnapitupulu mengatakan...

lihat dan lakukan sesuatu tanpa harus mencela dan menghina..gk da slhx kita simak sbntar, lalu kita cerna apapun itu,,,aristoteles dihukum mati oleh raja karena menyatakan hukum alam yg baru ditemukannya...tapi dibelakang hari ternyata itu mmg sebuah kebenaran..so, mari saling menghargai...

mryonz mengatakan...

banyak sebenarnya misteri yang blum bisa disingkap dalam Al-Qur'an.
1. apakah sejarah nabi-nabi dan islam harus identik dengan arab?
2. lalu apakah tanda-tanda kekuasaan tuhan harus ada di arab?
3. lalu bagaimana kok justru jawa yang secara geografis jauh dengan arab menjadi penduduk muslim terbanyak?

Hanya Allah yang mengetahui... tapi tentunya kita harus menghargai Kyai Fahmi. walaupun kita punya bukti yang dapat menyangkalnya, apalagi kita tidak memiliki bukti dan kemampuan ilmu & meneliti seperti beliau.

jueni mengatakan...

orang yg berpendapat borobudur merupakan peninggalan budha adalah orang bodoh yg belum sampai ilmunya, baik ilmu quran,arkeologi, astronomi, geografi, sejarah. budha itu botak tp knapa patung budha di borobudur ko rambutnya panjang bahkan di gelung, apa itu budha.

jueni mengatakan...

orang yg sudah tau adam sblm ke bumi diam mana, nabi muhammad isro kemana, kutub bumi dulu dimana, tsunami nuh apa sebab dan tujuannya, isa diangkat kemana, apa tujuan di dirikan kabah di mekah, knapa ibrahim di sebut bapa para nabi, kenapa di arab banyak minyak, knapa org2 jepang menyembah matahari, knapa muhammad di turunkan di mekah, knapa jazirah arab bergurun, knapa indonesia berpulau pulau,knapa kutub utara lautan, knpa kutub selatan daratan, kemana kapal2 yg lewat bermuda terseret, knpa ada medan magnet, knapa ada tahun musim, knapa ada gamelan, knapa kambing kacang bisa hamil tanpa kawin, kenapa ada pergeseran gerak bumi terhadap matahari, apa itu lailatul qadar, gmana proses kiamat, dimana neraka, dimana surga, knapa sping piramid hidungnya rontok, knapa musa seorang nabi tp di suruh belajar kpd ahli ilmmu dlm surat alkahfi,dr mana ufo, knapa batu bara banyak di kalimantan bukan di jawa, knapa venus bercincin 3, knapa umat islam pecah belah jadi suni, siah, dan khawarij. knapa gunung berapi banyak di indonesia, knapa indonesia penduduknya lbh banyak dr pada jazirah arab, knapa piramid di mesir, apa hakekat haji, apa itu komet, knpa kopernicus di bunuh kaum gereja,dr siapa peninggalan wayang, keris, gamelan. knpa matahari nyala terus, knpa bumi ada hravitasi, knapa di bulan tidak layak untk tempat hidup,knapa kitab2 hadis berbeda2. KALAU SEMUA ITU SUDAH TAU PASTI AKAN BERPENDAPAT BOROBUDUR BENAR PENINGGALAN SULAEMAN, TAPI KALAU BELUM TAU JAWABAN SEMUA PERTANYAAN DI ATAS
HARUS BELAJAR DULU DR ALQURAN DENGAB SEKSAMA.

Anonim mengatakan...

dlogok tenan kyai iki,gawe teori sak penak e silite dewe,ketok lek golek sensasi,dasare pancen utek e ngruwel kyok jembot!!!!!

Anonim mengatakan...

Subhanallah..walaupun belum tahu kebenaran pastinya mengenai borubudur yang dibangun oleh nabi sulaiman, tapi yang saya dengar dari rekaman ceramah Mawlana syaikh Hisham Kabbani q.s bahwa borubudur memang dibangun oleh seoranga nabi, tapi beliau tidak menyebutkan nama nabinya..
silhakn download sendiri transkip rekamannya


http://www.youtube.com/watch?v=Gjkf6uS3v6Y&list=UU1jY8BATzL6x9dFnjzBmJ1g&index=1&feature=plcp

Anonim mengatakan...

SAYA DUKUNG KALAU BOROBUDUR PENINGGALAN NABI SULAIMAN KARENA DI BOROBUDUR BANYAK TERDAPAT PATUNG BUDHA DAN SEMUANYA BERAMBUT KRITING,SEDANGKAN SANG BUDHA SENDIRI DALAM SEJARAH DARI DAERAH DEKAT HIMALAYA ATAU NEPAL SEKARANG YANG NOTABENE
DARI RAS BANGSA MONGOLIA ATAU CINA.DAN RAS YANG BERAMBUT KRITING ADALAH TIMUR TENGAH,MELAYU,AUSTRONESIA DAN NEGRITO.JADI MASUK AKALKAH KALAU PATUNG TERSEBUT ADALAH SULAIMAN AS ????? DAN DI PEGUNUNGAN MANOREH KALAU DILIHAT DARI TINGKATAN PALING ATAS DIBOROBUDUR SEPERTI ORANG YANG SEDANG BERBARING. DAN DISEBUT DENGAN BUDHA TIDUR.JADI SAMA DG KETERANGAN BAHWA NABI SULAIMAN TERTIDUR WAKTU MANUNGGUI PEMBANGUNAN BANGUNAN TERSEBUT YANG MEMAKAN WAKTU PULUHAN TAHUN HINGGA BELIAU MENINGGAL.JADI BAGAIMANA TEMAN2 MASIH MERAGUKAN AL QUR'AN?????
DAN UNTUK TEMAN2 YANG BERAGAMA BUDHA MOHON MAAF ATAS OPINI SAYA INI.APABILA PENASARAN SILAHKAN KE CANDI BOROBUDUR DAN MARI KITA TELITI SAMA2 BIAR KEBANARAN JADI YANG HAKIAKI.SEKIAN DARI ASTER KARANGANYAR (JOYO GENDILO)

Anonim mengatakan...

Mas Joyo Gendilo saya sangat setuju dengan komen anda ,,,jadi kita dukung penelitian yg di pelopori oleh KH Fahmi Basya untuk menemukan kebenaran sejarah dan kandungan isi alqur'an

kadonktresno mengatakan...

siiipp,,, pendapat orang harus dihargai, menghargai pendapat org laen adlh sebagian tanda orang yg berilmu dan berfikir dewasa.
Maju terus kh fahmi basya,,,

Anonim mengatakan...

Membual terus deh,,,Islam tidak akan tertipu.

Karno Ganjar. P mengatakan...

apa salahnya meneliti..? padahal dulu umat Islam sangat suka melakukan penelitihan, makanya menjadi maju ilmu pengetahuannya di jaman Kebangkitan Islam dahulu ( ada Ibnu Sina, dll ).

Anonim mengatakan...

apakah kalilan menyangkal ayat2 al-quran? yang menyangkal dengan jelas adalah syaitan/iblis, dan iblis telah diberi kebebasan untuk membelokkan/menyangkal ayat2 allah.. sulaiman dan balqis hidup di negeri saba, TETAPI yang kita tau adalah buddha karena mereka membelokkan sejarah.
tapi allah sudah menjanjikan suatu saat kita akan tahu ttg semuanya apakah sekarang atau tunggu sampai kiamat? who knows?
kalian pikir apa prestasi ribuan tahun iblis menggoda manusia????????????!!!????!!????????
salah satu yang terbesar adalah fitnah terhadap kebenaran, sejarah, dan mereka berhasil mengajak manusia mempercayai bahwa borobudur diciptakan manusia pada zaman syailendra.. "hanya orang2 yang berfikir, hanya orang2 yang dipilih allah bisa melihat kebenaran" yang lain hanya bisa menyangkal dengan teori2 yang disematkan dunia materi,..
kalau kalian mau andalkan pikiran, tidak akan sampai... laksana mencelupkan jari tangan di laut yang luas, bandingkan air yang membasahi tangan itulah kemampuan pikiran kita di banding air yang ada di lautan adalah ilmu2 allh... SUBHANALLAH..

Anonim mengatakan...

Teruskan perjuangan jihad dlm mencari kebenaran! Galileo aja berani mati walaupun teorinya baru terbukti benar setelah sekian lama. Byk ilmuwan barat yg menggunakan al-quran sbg referensinya(Silahkan lihat di video produk harun yahya!) tp justru byk org islam menganggap sesat org yang menggunakan al-quran sbg referensi dg dalih menafsirkan seenaknya. Sy jd berpikir apakah pengeboman borobudur dipakai utk menghancurkan barang bukti penemuan? Yg jd korban kambing hitam lagi2 adl org islam.

Anonim mengatakan...

Begini jadinya klo menafsir alqur'an tp ga ngerti dasar sejarah dan bahasa arab, kyai palsu cma ngaku2, punya gelar kyai boleh mungut d jalan bukan karna ilmu.. jadinya cuma merusak aja..

Anonim mengatakan...

Saya bingung, semua saling serang. Pokonya gini aja dech...
Yang ngomongnya sopan dan baik, gua kasi jempol.
Yang ngomongnya kasar dan sarkastik, gua diem aja.

Mudah-mudahan Tuhan kasi petunjuk, penerangan, bimbingan dan kasih-sayang supaya kita bisa lebih bersahabat satu sama lain.

Have a nice day.
Moga harimu indah slalu

Anonim mengatakan...

semua pasti akan terbukti, entah kapan tapi itu PASTI.mana yang benar dan mana yang salah. jangan saling menyalahkan seperti ini percuma....

Anonim mengatakan...

kalau teori Pak Fahmi benar, berarti Israel salah alamat menjajah Palestina, karena Solomom Tample yg mereka cari itu adalah Borobudur..benar begitu Pak Fahmi?

Anonim mengatakan...

Dalam Al qur'an ada ayat yang tersurat dan yang tersirat.Dan Al-Qur'an diperuntukkan buat Orang2 yang berfikir.Mudah2n di Indonesia bermunculan lg Fahmi basya(FB) yang lain...

Anonim mengatakan...

Bagi yang belum tau cerita selengkapnya liat kisah selengkapnya berjudul "Indonesia negeri Saba 1-5" di YouTube...baru nanti kita bisa mempertimbangkan baik/buruknya penelitian ilmiah karya pak Kyai tsb.

Rahmathan Towasi mengatakan...

Pada saat Nabi Muhammad mengatakan pada manusia saat itu. Bahwa dulu alam semesta ini satu tapi dgn adanya Ledakan besar yang lebih populer Big Bang (pendapat ilmuan Eropa/Amerika) dan didalam Al Quran digambarkan bagaikan bunga Mawar Merah yang mekar, nabi langsung dilempari dan dihujat sebagai orang gila, namun waktu jualah yang membuktikan bahwa sipa diantara manusia ini yang gila.
Lebih sederhana lagi dulu org awam bilang pesawat bisa Terbang atau Kapal bisa ngapung karena RINGAN, namun setelah anda renungkan apa betul pendapat itu?!.
Sadarkah Anda bahwa sesuatu yang tidak tersambung dgn benda bisa digunakan contohnya Hp, TV, Radio dll RENUNGKANLAH.
Salam
RT

endy naiela mengatakan...

diakui atau tidak oleh semua manusia, bahwa semua kebenaran yg terjadi di semua alam jagad raya ini, yg lalu ataupun yg sedang serta yg akan datang telah dicantumkan dlm Al-Qur'an yg di dlmnya terdapat ilmu yg tdk terbataskan....jdi jk para ilmuan ingin mengungkap kemisterian sstu..! tadabburi Al-qur'an secara keseluruhan....n ingat jgn stengah2, sbab anda akan menemui jaln buntu...alias tersesat tdk tau akan kemana..oke....??

SINTO GANTENG mengatakan...

IMAM MAHDI 2015???...
JABER BOLUSHI, seorang penulis muslim syiah menulis buku yang berjudul “Oktober 2015 Imam Mahdi AS Akan Datang”. Ramalan Bolushi merujuk pada rahasia bilangan 19, seperti yang ditemukan Sayyid Bassa Jarrar dan menggunakan perhitungan angka dengan metode al jumal al taqlidi dan al jumlah al shaqir. Bilangan 19 adalah jumlah huruf yang terdapat pada kata “basmallah”. Bilangan 19 merupakan bilangan primer dalam sistem matematika, karena terdiri dari angka terkecil 1 dan angka terbesar 9. Beberapa keistimewaan bilangan 19 dalam alqur’an, diantaranya kata “Allah” terulang dalam alqur’an sebanyak 2698 kali (19 x 142), kata “Rahman” terulang dalam alqur’an sebanyak 57 kali (19 x 3) dan kata “Rahim” terulang dalam alqur’an sebanyak 114 kali (19 x 6).

saya untuk menulis artikel sanggahan. Artikel itu akan saya beri judul: SATRIO (PININGIT) IMAM MAHDI MUNCUL 2015? (Tanggapan Kritis Terhadap Jaber Bolushi).
Saya tetap menggunakan kata Satrio (Piningit) untuk menggambarkan sosok IMAM AL MAHDI sebab menurut logika dan keyakinan saya SATRIO dapat kita lihat namun PININGIT (bersembunyi) di dalam diri Satrio dan tidak mungkin dapat terlihat. Seperti halnya dengan Imam Mahdi, sebagai Imam (pemimpin) kita dapat melihatnya, akan tetapi Mahdi-nya tetap saja piningit (bersembunyi) di dalam diri Imam. Mahdi inilah yang berkaitan dan berhubungan langsung, erat, dan tidak terpisahkan dengan Messiah (Isa Almasih atau Yesus Kristus).
Artikel Cakra Ningrat akan diposting di blog SPTM. Dipersembahkan secara spesial dan khusus buat warga setia blog ini.
Wassalam,
Cakra Ningrat
http://satriopiningitmuncul.wordpress.com/2014/02/15/satria-piningit-presiden-ke-7-adalah-joko-lelono/comment-page-1/#comment-1027

Anonim mengatakan...

1. Sebaik-baik dan sebenar-benarnya petunjuk, yang ada di Al Qur'an dan hadits.
2. Yang beliau beberkan adalah analisa dan hipotesa atas bukti-bukti yang ada.
3. Yang perlu didalami adalah siapa sebenarnya guru Sidharta, dan korelasi zaman Sidharta hidup dengan Sulaiman.as.
4. Dalam prasasti-prasasti itu, Syailendra tidak membangun, tetapi melaksanakan perintah sebelumnya, yaitu setiap raja-raja harus merawat Borobudur. Saat itu Borobudur juga sudah rusak, lalu dilakukan pembangunan/pemugaran di abad 8-9M.Camkan baik-baik ini.

Anonim mengatakan...

Jadi, bangsa Indonesia ( kullu jawi ARab), jangan kerdil dan memandang sebelah mata hasil analisa dan hipotesa bangsa sendiri, tetapi mari bersama-sama memperkaya analisa dan hipotesa tentang Borobudur itu. Coba saya tanya, kakau dihitung dengan radio carbon, berapa umur Borobudur itu. Pada th 1974 pernah dilakukan penelitian, tetapi hasilnya Borobudur tidak dpat dihitung dengan radio carbon. itu berarti pembuatan borobudur tidak disentuh tangan manusia. Silahkan dilanjutkan.

Anonim mengatakan...

goblok. Asu asu. koe sing asu

Anonim mengatakan...

tolol, nulis nggak pake otak

Anonim mengatakan...

pasti lu lahir dari rahim pelacur, isi otaknya cuma kamasutra.

Syafiq Azri mengatakan...

Anomin lo tak perlu bising la l.. lo kalau dah pandai sangat lo pergilah kaji.. Tak payah nak bising serupa murai di sini.. Tolol bising di sini bolehlah kau.. Pergilah berdebat dengan FAHMI BASYA kalau kamu tu tinggi ilmuannya HAHAHAHAHA.!!

Syafiq Azri mengatakan...

Tidak mustahil kalau sejarah ini sahih kerana jumlah Nabi di dunia termasuk Nabi bukan dalam golongan 25 Rasul seramai 124,000 orang.. Rasul seramai 313 orang.. Yang wajib ketahui 25 sahaja.. Jumlah yang ramai.. Tidak mustahil juga sejarah Nabi2 bukan di Asia Barat sahaja.. Itu belum termasuk ketamadunan dalam dasar laut yg Allah hapuskan.. Wallahualam..

Syafiq Azri mengatakan...

Muhasabah diri jangan berkata ikut Nafsu.. Kita doakan sahaja andai ini benar tidak jadi salah.. Seharusnya kamu seorang Islam kena berbangga dngan sejarah yang asalnya dari Islam.. Itu belum sejarah ketamadunan purba di Eropah, Australia dan lain2 lagi.. Semua itu ada hikmahnya.. Allah Maha Merancang.. Syeikh ulamak besar boleh terima pendapat ilmu yg bukan tarafnya seperti kita inikan pula kita sndiri yg mempunyai ilmu tapi sombong seolah2 kita paling bijak.. Renung2kn..

Syafiq Azri mengatakan...

Anonim saya bukan orang sini tau.. Walaupun saya ini asal di Malaysia.. Kalau saya jadi kamu saya merasa bangga dengan kekayaan pra sejarah keislaman di Negara kamu.. Kamu harus bersyukur dengan kehendak Allah S.W.T..

Syafiq Azri mengatakan...

Tidak perlu kasihan pada golongan Kafir, kerana merekalah yang menggubah sejarah dunia dan ketamadunan islam yang sebenar terutama sekali kaum Yahudi laknatullah.. Mereka mempunyai tentera mereka tersendiri untuk menghancurkan umat Islam.. Bukan dari peperangan tetapi mereka ambil cara yg mudah iaitu merosakkan minda kepercayaan umat Islam.. Allah sudah beritahu golongan ini golongan kafir mereka tetap d dalam Neraka Jahannam selama2nya..

Syafiq Azri mengatakan...

Kerana merekalah (Yahudi) keluarnya kepelbagaian ajaran yg sesat di dunia..

Kerana merekalah (Yahudi) yang mengubah sejarah ketamadunan Islam di dunia..

Kerana merekalah (Yahudi) terjadi melaga2 sesama kita sesama Muslim..

Kerana merekalah (Yahudi) umat Islam lalai ke arah keduniaan..

Kerana merekalah (Yahudi) pernah membunuh Nabi2 yang salih..

Kerana merekalah (Yahudi) adalah sahabat setia sang Iblis musuh Allah yang nyata..

Poskan Komentar

Tuliskan komentar, pertanyaan, serta saran dan kritik