Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Kamis, 17 Juni 2010

Pemuda Harapan Bangsa : Oke Rosgana


01.27 | , , , , ,

Liputan6.com, Jakarta: Bersepeda motor ke kantor menjadi keseharian Oke Rosgana. Namun siapa sangka, di balik statusnya sebagai pegawai negeri sipil di lingkungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Subang, Jawa Barat, ternyata namanya sudah mendunia. Lewat permainan yoyo, Oke mengukir prestasi internasional. Gelar sebagai master yoyo Indonesia pun disandangnya.

Semuanya bermula usai dirinya menyaksikan aksi Yohanes van Elzenm juara dunia yoyo asal Amerika Serikat di Bandung, 10 tahun silam. Sejak itu, ketertarikan Oke akan permainan anak-anak tersebut membuatnya terus mengasah kemampuannya. Sejumlah teknik permainan yoyo pun ia kembangkan. "Setelah saya geluti secara serius, saya merasakan ada rileksasi ketika main yoyo dan saya ketagihan," kata Oke dalam dialog di
Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (20/2). "Dan saya mulai belajar sendiri lewat internet."

Oke juga dikenal sebagai kolektor yoyo dari seluruh dunia. Saat ini, koleksinya tidak kurang dari 200 buah. Bahkan, ada salah satu koleksi yoyonya yang harganya mencapai Rp 4 juta. Tak hanya dikenal sebagai master yoyo, Oke juga piawai dalam mendesain yoyo. Latar belakang pendidikannya dari jurusan seni rupa Institut Teknologi Bandung (ITB) memudahkan langkah ayah seorang putri ini.

Dari kemampuannya itu, Oke kemudian dipercaya untuk mendesain yoyo oleh sebuah perusahaan yoyo asal AS. Desain terakhir Oke adalah yoyo bermotif batik. Selain memenuhi pesanan, yoyo batik turut menjadi bukti kecintaan Oke pada budaya bangsa. "Yoyo (batik) ini hanya dibuat 100 buah yang diberikan kepada para pemain yoyo di seluruh dunia yang sudah berdedikasi terhadap yoyo selama 80 tahun," ucap Oke.

Setelah namanya mendunia, Oke masih menyimpan asa. Ia ingin Kota Subang dikenal sebagai kota yoyo. Obsesinya itu coba diraih dengan menularkan keahliannya bermain yoyo kepada sejumlah pelajar sekolah menengah atas (SMA) di Kota Subang. "Saya ingin Subang tak hanya dikenal sebagai kota nanas atau sisingaan, tapi ingin di Subang itu ada kampung yoyo," ucap pria yang dikenal juga sebagai ilustrator dan seniman yoyo ini.(BOG)

Sumber : http://berita.liputan6.com/sosbud/201002/264605/Lewat.Yoyo.Nama.Oke.Rosgana.Mendunia


You Might Also Like :


0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, pertanyaan, serta saran dan kritik